ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA AL-KHAIRAAT KOTA TERNATE PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK

Gani, Waldiman A. (2024) ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA AL-KHAIRAAT KOTA TERNATE PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (195kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (232kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (254kB)

Abstract

Waldiman A. Gani, 2024, Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA Al-Khairaat Kota Ternate pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak di bawah bimbingan Bapak Dr. Joko Suratno, S.Pd., M.Pd.Si dan Ibu Ariyanti Jalal S.Pd., M.Pd Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan pemecahan masalah matematika siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas X SMA Al-Khairaat Kota Ternate. Adapun subjek yang dipilih adalah 5 siswa sebagai perwakilan dari masing-masing skor kategori kesalahan siswa. Teknik pengumpulan data kesalahan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan adalah Soal uraian yang berjumlah 2 butir soal yang telah divalidasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dengan cara mereduksi, penyadian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X SMA Al-Khairaat Kota Ternate masih mengalami kesalahan dalam pemecahan masalah matematika pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak, Kesalahan siswa SMA Al-Khairaat dalam pemecahan masalah matematika pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak diperoleh ada 1 dari 20 siswa mengalami kesalahan sangat rendah (5%), 3 dari 20 siswa yang mengalami kesalahan rendah (15%), 5 dari 20 siswa yang mengalami kesalahan sedang (25%), 9 dari 20 siswa yang mengalami kesalahan tinggi (45%) dan 2 dari 20 siswa yang mengalami kesalahan sangat tinggi (10%). Jenis kesalahan yang dilakukan antara lain, kesalahan fakta, konsep, prinsip dan keterampilan. Faktor penyebab kesalahan siswa yaitu tidak mengetahui bahwa tanda mutlak itu hanya garis lurus berbeda dengan kurung siku maupun kurung lengkung dan tidak mampu menganalisis dengan baik terkait dengan jawaban yang diperoleh salah atau tidak pada penulisan simbol atau lambang matematika (kesalahan fakta) siswa tidak mampu mengelompokkan objek-objek yang diketahui dan ditanyakan, tidak mampu memahami konsep mengubah informasi ke dalam kalimat matematika dengan baik dan benar sehingga model matematika yang dikerjakan salah, akibatnya pengerjaan maupun hasil akhir yang didapatkan juga salah (kesalahan konsep), tidak mampu melakukan perhitungan operasi bilangan bulat positif dan negatif, operasi bilangan bulat dan decimal dengan baik dan benar (prinsip), tidak mampu menggunakan prosedur atau langkah-langkah yang tepat untuk menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan, membuat model matematika, memecahkan masalah dan memeriksa kembali kebenaran jawaban (kesalahan keterampilan). Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Pemecahan Masalah Matematika, Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:51
Last Modified: 24 Sep 2025 02:51
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5615

Actions (login required)

View Item View Item