Ade, Maimuna (2024) DAMPAK GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 17 TIDORE KEPULAUAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (33kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (91kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (101kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Maimuna Ade. (1) Dr. Rustam Hasyim, S.Pd, M.Hum, (2) Dr. Mohtar Kamisi, M.Si. Program Studi Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun Ternate. Tujuan penelitian yang hendak dicapai yaitu (1) untuk mengetahui dampak gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 17 Tidore Kepulauan, (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah untuk meningkatkan minat baca peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 17 Tidore Kepulauan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Wakasek Kesiswaan, guru PPKn, dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Maitara Tidore Kepulauan. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui (1) pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu melakukan pembiasaan membaca 15 menit sebelum memulai pembelajaran, memberikan praktik kepada siswa baik di lab komputer maupun lab IPA, memberikan kesempatan kepada siswa mengikuti kegiatan cerdas cermat antar sekolah, mengaktifkan area baca bagi siswa, dan memperkaya koleksi buku bacaan, serta guru memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa agar giat dalam belajar, (2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk meningkatkan minat baca siswa. Faktor pendukung yaitu tersedianya perpustakaan, Buku Bacaan, internet gratis, teras baca, dan Lab Komputer serta Lap IPA. Faktor penghambat yaitu rendahnya minat baca siswa, buku bacaan yang disediakan masih kurang untuk dijadikan sumber belajar, penggunaan Handphone oleh siswa untuk bermain games online hingga mengalihkan minat siswa dalam belajar dan membaca buku. Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Ppkn Q Science > QH Ppkn |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 05:16 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 05:16 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |