PEMANFATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 2 MTs AR RIZKI SUMA KECAMATAN PULAU MAKIAN

Isbat, Dewi (2023) PEMANFATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 2 MTs AR RIZKI SUMA KECAMATAN PULAU MAKIAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (202kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (292kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (262kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf - Published Version

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik tentang pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), peserta didik kelas VIII MTS Ar’Riski Suma melalui media video. Penelitian ini termaksud jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTS Ar’Riski Suma, yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,metode dokumentasi. Teknik analisis menggunakan instrumen tes untuk mengetahui kemampuan pemahaman peserta didik, untuk mencari rerata secara klasikal dari nilai yang telah diperoleh peserta didik.indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya motivasi dan pemahanan peserta didik pada mata pelajaran IPS yaitu 75% dari jumlah peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik. Pada pelaksanaan siklus I jumlah peserta didik yang tidak tuntas adalah 10 orang dengan persentase 67% sedangkan peserta didik yang masuk kategori tuntas hanya 5 orang dengan persentase 33%, sedangkan setelah digunakannya media video semakin meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar peserta didik dengan jumlah peserta didik yang masuk kategori tuntas adalah 15 orang dengan persentase 100%, dan tidak ada peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah standar KKM mata pelajaran IPS. Kata Kunci : motivasi belajar, media video

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QE Geografi
Q Science > QE Geografi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:52
Last Modified: 28 Oct 2025 03:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6232

Actions (login required)

View Item View Item