UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK PADA KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 42 HALMAHERA SELATAN

suleman, Muhajir (2023) UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK PADA KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 42 HALMAHERA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf] Text
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_MUHAJIR SULEMAN.pdf] Text
SKRIPSI_MUHAJIR SULEMAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1). Untuk mengetahui upaya guru dalam memotivasi peserta didik terhadap kesulitan belajar pada mata pelajaran PPKn di SMP Halmahera Selatan (2). Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 42 Halmahera Selatan. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskritif yaitu merupakan suatu penelitian yang digunakan untuk meneliti pada objek yang ilmiah. subjek penelitian ini adalah, Guru, Peserta didik, Wakasek kurikulum dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi,sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian (1) upaya guru dalam memotivasi peserta didik pada kesulitan belajar mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 42 Hamahera-Selatan dilakukan melalui. a). bimbingan belajar peserta didik. b). remedial c). memaksimalkan media pembelajaran serta. d). menanamkan sikap disiplin terhadap peserta didik dalam belajar. (2) faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar peserta didik pada pelajaran PPKn di SMP Negeri 42 Halmahera selatan. (1). Faktor Guru; Kurangnya guru PPKn, guru tidak sesuai disiplin ilmu pPKn dan minimnya pengunaan media belajar. (2). Faktor Peserta Didik; motivasi belajar rendah, dan terpengaruh pergaulan buruk sesama teman sebaya. (3) Faktor Sarana dan Prasarana; terbatasnya kursi, meja buku paket di perpustakaan, dan media pembelajaran yang berbasis teknologi yang kurang memadai. Kata kunci: Kesulitan belajar peserta didik, upaya guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Ppkn
Q Science > QH Ppkn
Divisions: Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 06 Nov 2025 06:09
Last Modified: 06 Nov 2025 06:09
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6483

Actions (login required)

View Item View Item