PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 HALMAHERA BARAT PADA MATERI HUKUM NEWTON

AMAKSI, DEVIKA (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 HALMAHERA BARAT PADA MATERI HUKUM NEWTON. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (10kB)
[thumbnail of ABSTRAK DEVIKA.pdf] Text
ABSTRAK DEVIKA.pdf - Published Version

Download (277kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Pengaruh model pembelajaran PBL, terhadap hasil belajar siswa sma Negeri 5 Halmahera Barat pada materi hukum Newton, 2). Besar pengaruh model pembelajaran PBL, terhadap hasil siswa pada materi hukum Newton di SMA Negeri 5 Halmahera Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment dengan menggunakan pola 1 group pretest dan posttest design. Poplasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Halmahera Barat dan sampel dalam penelitian ini yaitu 22 siswa kelas X SMA Negeri 5 Halmahera Barat dengan teknik pengambilan sampelnya dengan cara cluster sampling . Instrument yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, soal tes, angket respon siswa. Bentuk soal tes yang digunakan berupa esai dengan jumlah soal 10 item dengan skor total 66. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji statstik yaitu uji-t. Data hasil perhitungan diperoleh = 12,5 dan = 2,080 dengan dk = 21 dan taraf signifikan 0,05, sehingga data hasil perhitungan menunjukan bahwa atau 12,5 2,080 dengan demikian ditolak dan diterima. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi hukum Newton. Hal ini ditunjukan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Halmahera Barat pada materi hukum Newton sebesar 4,55 (sangat besar). Hal ini juga didukung dengan respon diswa terhadap model Problem Based Learning dengan besar presentase adalah 72,37% termasuk dalam kategori kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 13 Feb 2023 05:51
Last Modified: 13 Feb 2023 05:54
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2826

Actions (login required)

View Item View Item