PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SANANA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

DUWILA, M. RISKI. (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SANANA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of Cover Skripsi.pdf] Text
Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (104kB)
[thumbnail of ABSTRAK  Indo & ingris M Riski.pdf] Text
ABSTRAK Indo & ingris M Riski.pdf - Published Version

Download (16kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sanana pada materi Getaran dan Gelombang. 2) Besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sanana pada materi Getaran dan Gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Sanana kelas VIII, pada materi getaran dan gelombang. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pre-test post-test design. Penelitian ini dilakukan pada satu kelas saja, pada mulanya siswa diberi pre-test, setelah dilakukan pre-test siswa tersebut diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Kemudian pada tahap akhir maka siswa tersebut diberi post-test untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Dalam penelitian ini kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-1 yang terdiri dari 24 siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas menunjukkan bahwa nilai signifikan (sig) pada hasil pretest 0,135 > 0,05 sedangkan pada hasil posttest 0,189 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa data nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan persamaan maka diperoleh thitung > tabel atau > 2,04227 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, Artinya, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:37
Last Modified: 14 Feb 2023 03:37
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2836

Actions (login required)

View Item View Item