MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI BUKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PAKEM SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 HALMAHERA SELATAN

TALIB, ASKAR R. (2022) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI BUKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PAKEM SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 HALMAHERA SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. Cover.pdf] Text
A. Cover.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of C. Abstrak Indonesia , Inggris.pdf] Text
C. Abstrak Indonesia , Inggris.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (161kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan strategi pakem pada mata pelajaran bahasa indonesia dalam pembelajaran menulis Resensi Buku siswa kelas XI SMA Negeri 7 Halmahera Selatan dan (2) apakah penggunaan strategi pakem dalam proses pembelajaran bahasa indonesia dapat meningkatkan kemampuan siswa khususnya pembelajaran menulis resensi buku pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Halmahera Selatan. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian tindakan kelas (PTK), adapun waktu pelaksanaannya yaitu selamah satu bulan, dimulai tanggal 29 maret 2022 s.d. 19 April 2022, atau selama 1 bulan, adapun sabjek yang menjadi sasaran pnulis dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis disekolah SMA Negeri 7 Halmahera Selatan menunjukan bahwa peggunaan strategi pembelajaran aktif kretif efektif dan menyenangkan (pakem) dapat meningkatkan kemampuan siswa khusussnya dalam pembelajaran menulis Resensi Buku. Hal ini terbukti dengan adanya hasil yang diperoleh oleh peneliti pada siklus pertama menunjukan bahwa siswa yang dikatakan tuntas hanya 12 siswa (42,86%) dan mengalami peningkatan pada siklus kedua yaitu siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 20 siswa (71,34%). Dengan demikian maka penggunaan strategi pembelajaran aktif kretif efektif dan menyenangkan (pakem), dalam pembelajaran menulis resensi buku dapat dikatakan berhasil. Kata kunci : Menulis Resensi Buku, Strategi (PAKEM).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:02
Last Modified: 05 Apr 2023 02:02
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3115

Actions (login required)

View Item View Item