IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CCDSR (CONDITION, CONSTRUCTION, DEVELOPMENT, SIMULATION, REFLECTION) BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA TERNATE

MAKIAN, ROSLINA (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CCDSR (CONDITION, CONSTRUCTION, DEVELOPMENT, SIMULATION, REFLECTION) BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (205kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (398kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran CCDSR yang berorientasi pada keterampilan proses sains. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen (pre experimental) dengan desain one group pretest posttest menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas replikasi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kota Ternate pada semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sampel 30 siswa dan siswa kelas XI MIPA 6 sebagai kelas replikasi dengan jumlah sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa soal essay yang berjumlah 9 item dengan skor total 36 dan teknik non tes berupa pengamatan. Hasil belajar dianalisis menggunakan statistik uji N-Gain score dan uji t. Berdasarkan analisis uji N-Gain score menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dan konsisten pada kedua kelas. Peningkatan dengan uji N-Gain score sebesar 0,6 pada kelas eksperimen dan 0,6 pada kelas replikasi dengan kategori sedang. Uji t menunjukkan bahwa hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas replikasi tidak ada perbedaan yang signifikan atau sama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 11 May 2023 01:21
Last Modified: 11 May 2023 01:21
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3163

Actions (login required)

View Item View Item