PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 KOTA TERNATE PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPLUS

BASIR, SUNANTI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 KOTA TERNATE PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPLUS. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (192kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (248kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (263kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMK Negeri 2 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik random sampling dengan desain penilitian korelasional, dengan jumlah populasi 340. Sampel dalam penilitian ini adalah siswa kelas X Taovi (Teknik audio vidio) SMK Negrri 2 Kota Ternate yang berjumlah 24 siswa. Data di peroleh dengan menggunakan Teknik tes untuk variabel Y dan non tes (kuisioner) untuk variabel X. Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini adalah Teknik tes dalam bentuk soal esay dan non tes berupa angket, kemudian Teknik analisis data menggunakan uji Normalitas,Uji Homogenitas, Uji linearitas, dan uji Hipotesis. Hasil dalam penelitian ini didapat angket yang digunakan untuk mengumpulkan data divalidasi dengan rumus korelasi product Moment didapat 9 item yang valid pernyataan yang diuji cobakan. Uji reliabilitas angket juga dilakukan terhadap 16 item pernyataan model pembelajaran inkuiri terbimbing tersebut dengan metode Alpha sehingga diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,91. Data model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh skor tertinggi 35 dan skor terendah 23 dengan rata-rata 31,38, varian 13,81, dan skor standar deviasi 3,72, dan data hasil belajar siswa diperoleh skor tertinggi 60 dan skor terendah 40 dengan rata-rata 51,21 , varians 46,17, dan skor standar deviasi 6,79. Hasil statistik diperoleh korelasi product moment antara profesionalisme guru dan hasil belajar diperoleh 3,52 ≥ 1,717 berarti Ha diterima dan Ho ditolak artinya bahwa terdapat model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa, dengan kata lain antara model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar terdapat korelasi yang sangat kuat ini artinya model pembelajaran inkuiri terbimbing sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 11 May 2023 01:39
Last Modified: 11 May 2023 01:39
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3165

Actions (login required)

View Item View Item