DASIM, DARNIA (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STAD DI SMA BINA KARYA HALMAHERA SELATAN PADA MATERIPENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
1. COVER.pdf - Published Version Download (112kB) |
|
Text
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf - Published Version Download (10kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf - Published Version Download (89kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (146kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar geografi siswa, dan mengetahui respon siswa dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Achievement Devisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Bina Karya Halmahera Selatan tahun ajaran 2021/2022. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kleas X SMA Bina Karya Halmaherah Selatan dengan jumlah 16 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh. Metode dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes pada awal penelitian (pre teast) dengan tujuan mengetahui pemahaman siswa yang akan di ajarkan dan tes pada setiap akhir semester (post test), dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan hasil belajar siswa. Sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan statestik sederhana. Hasil perhitungan model pembelajaran koopeatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dimana proses pembelajaran yang dilalui selama II siklus. Pada siklus I rata-tara ketuntasan klasikal berjumlah 37%, dan meningkat pada siklus II yaitu 88%. Hal tersebut sesui dengan standar KKM 75% yang ditentukan oleh SMA Bina Karya Halmahera Selaatan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 11 May 2023 01:57 |
Last Modified: | 11 May 2023 01:57 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3169 |
Actions (login required)
View Item |