PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE

TOMIA, HARIADI (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (114kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (167kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (167kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scaffolding terhadap hasil belajar IPS siswa di Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain peneltian dalam penelitian ini ialah eksperimen quasi (quasi exsperimental design) dengan pendekatan nonequivalent group posttest only Design, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate, berjumlah 58 siswa. Berdasarkan hasil uji one sampel T Test didapatkan thitung > ttabel (11,54 > 2,003), pengujian juga dapat dibuktikan dengan membandingkan nilai thitung sebesar 11,54 dengan ttabel 2,003 yang berarti thitung > ttabel , sehingga Ha diterima dan Ho ditolak ada pengaruh model pembelajaran scaffolding terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate yang berarti (Ho) dalam penelitian ini ditolak dan hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima. Hal ini berarti pengaruh model pembelajaran scaffolding terhadap hasil belajar IPS siswa di Sekolah SMP Negari 5 Kota Ternate. Hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan pembelajaran Scaffolding memiliki pengaruh lebih baik dari pada hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 11 May 2023 04:45
Last Modified: 11 May 2023 04:45
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3175

Actions (login required)

View Item View Item