TOMIA, HARIADI (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (114kB) |
|
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (167kB) |
|
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (167kB) |
|
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (169kB) |
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scaffolding terhadap hasil belajar IPS siswa di Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain peneltian dalam penelitian ini ialah eksperimen quasi (quasi exsperimental design) dengan pendekatan nonequivalent group posttest only Design, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate, berjumlah 58 siswa. Berdasarkan hasil uji one sampel T Test didapatkan thitung > ttabel (11,54 > 2,003), pengujian juga dapat dibuktikan dengan membandingkan nilai thitung sebesar 11,54 dengan ttabel 2,003 yang berarti thitung > ttabel , sehingga Ha diterima dan Ho ditolak ada pengaruh model pembelajaran scaffolding terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate yang berarti (Ho) dalam penelitian ini ditolak dan hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima. Hal ini berarti pengaruh model pembelajaran scaffolding terhadap hasil belajar IPS siswa di Sekolah SMP Negari 5 Kota Ternate. Hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan pembelajaran Scaffolding memiliki pengaruh lebih baik dari pada hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 11 May 2023 04:45 |
Last Modified: | 11 May 2023 04:45 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3175 |
Actions (login required)
View Item |