AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELELUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJRAN (LOC-R) DI SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE

LA TAJU, JULIANTO (2022) AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELELUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJRAN (LOC-R) DI SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf] Text
C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf - Published Version

Download (467kB)
[thumbnail of E. BAB 1.pdf] Text
E. BAB 1.pdf - Published Version

Download (227kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB)

Abstract

Pembelajaran IPS di SMP merupakan pembelajaran yang dianggap membosankan sebagian peserta didk. Pada dasarnya mata pelajaran IPS disekolah Menengah Pertama lebih mengembangkan keterampilan berpikir sosial. Hal ini dapat disebabkan karena pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang interdisipliner terdiri dari mata pelajaran sejarah, sosiologi, geografi dan ekonomi. Hasil observasi awal peneliti pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Ternate masih terdapat kecenderungan guru dalam pembelajaran IPS menggunakan cara konvensional atau tradisional, sehingga pembelajaran tidak berpusat pada peserta didik. Minimnya penggunaan model pembelajaran membuat kegiatan belajar- mengajar kurang efektif dan menarik. Model pembelajaran ceramah yang biasa digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar sering dianggap membosankan oleh peserta didik dan aktifitas belajar peserta didik menjadi rendah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta didik yang mengobrol dengan teman sebangkunya ketika guru sedang menyampaikan materi pelajaran dan ketika guru mulai mengajak diskusi mengenai materi pelajaran terlihat peserta didik kurang antusias..Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui aktivitas Speserta didik dengan Penerapan Model Pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi dan Refleksi (LOC-R) di SMP Negeri 7 Kota Ternate. Metode penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah VIIc SMP Negeri 7 Kota Ternate. Jumlah sampel yang dipilih adalah 35 siswa terdiri dari 23 perempuan dan 12 laki-laki. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIc, sampel dipilih secara purposive sampling dengan memperhatikan karakteristik peserta didik. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan study dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah rumus persentase dengan kriteria pengkatagorian. Hasil yang diperoleh aktivitas peserta didik pada tahapan apresepsi 79,9%, tahapan literasi 82,8%, tahapan orientasi 88,4%, tahapan kolaborasi 85, 4% dan tahapan refleksi sebesar 94,4%. Aktivitas Pembelajaran siswa dengan menggunakan model Pembelajaran LOC-R sangat efektif diimplementasikan di kelas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 11 May 2023 05:08
Last Modified: 11 May 2023 05:08
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3180

Actions (login required)

View Item View Item