MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 3 SANANA

BUAMONA, NURSAFITRI (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 3 SANANA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (195kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (340kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (302kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (297kB)

Abstract

Salah satunya, model pembelajaran Discovery Learning, model ini digunakan untuk mengembangkan cara belajar aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang akan diperoleh bertahan lama dalam ingatan sehingga tidak mudah dilupakan oleh siswa (Kristin, 2016). Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji. apakah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 3 Sanana. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).. Teknik pengumpulan data yakni, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa. Data yang dianalisis untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu merupakan data tes hasil belajar siswa untuk setiap siklus. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi Model Discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sanana pada mata pelajaran IPS. Peningkatan dapat di ketahui dari hasil belajar siswa pada siklus I yang tuntas 7 orang siswa dengan persentase 29%, sedangkan yang tidak tuntas 17 orang siswa dengan persentase 71%. Kemudian hasil belajar siswa pada Siklus II yang tuntas 21 orang siswa dengan persentase 87,5%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 15 May 2023 03:31
Last Modified: 15 May 2023 03:31
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3185

Actions (login required)

View Item View Item