ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IX MTs NEGERI 1 KOTA TERNATE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN GENDER (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas IX-1 MTs Negeri 1 Kota Ternate Tahun Ajaran 2021/2022)

FABANYO, VIVI RADIKA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IX MTs NEGERI 1 KOTA TERNATE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN GENDER (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas IX-1 MTs Negeri 1 Kota Ternate Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (118kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (260kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrument tes, wawancara dan dokumentasi. Tekik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, triangulasi data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa. Kemudian diambil 5 siswa sebagai perwakilan subjek pada setiap kategori. Masing-masing terdiri dari 3 siswa laki-laki, yaitu SL-8, SL-7 dan SL-17 dan 2 siswa perempuan, yaitu SP-10 dan SP-9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Subjek SL-8 mampu menyelesaikan semua tahapan pemecahan masalah matematika, 2) Subjek SL-7 dan subjek SP-10 mampu menyelesaikan hampir semua tahapan pemecahan masalah matematis. Tetapi subjek SP-10 masih mengalami sedikit kesulitan dalam memahami masalah. Selain itu, keduanya masih keliru dalam melakukan tahap akhir, yaitu memeriksa kembali, 3) Subjek SL-17 dan SP-9 hanya mampu melakukan beberapa tahapan pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, merencanakan masalah dan melaksanakan masalah.keduanya belum mampu melakukan tahap akhir pemecahan masalah, yaitu memeriksa kembali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 23 May 2023 04:52
Last Modified: 23 May 2023 04:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3225

Actions (login required)

View Item View Item