EXPLORING TEACHERS’ USE OF TEACHING MODELS BASED ON THE 2013 CURRICULUM AT SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA TERNATE

BAHAR, SUKMA (2022) EXPLORING TEACHERS’ USE OF TEACHING MODELS BASED ON THE 2013 CURRICULUM AT SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK ENGLISH AND INDONESIA.pdf] Text
3. ABSTRAK ENGLISH AND INDONESIA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 5. CHAPTER I.pdf] Text
5. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 10. REFERENCES.pdf] Text
10. REFERENCES.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran apa yang digunakan oleh guru berdasarkan kurikulum 2013 dan bagaimana penerapannya di SMP Muhammadiyah 1 Kota Ternate. Peneliti menerapkan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu guru tidak menggunakan model yang direkomendasikan oleh pemerintah. Dari RPP yang disiapkan guru, mereka menggunakan pendekatan saintifik yang terdiri dari model inkuiri, pembelajaran penemuan, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran berbasis proyek, sebagai metode pembelajaran. Namun hasil observasi berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya ada satu guru yang mengajar sesuai RPP yang telah disusun dengan menerapkan model pembelajaran yang direkomendasikan pemerintah. Sedangkan guru kedua tidak menggunakan pendekatan saintifik dan hanya menggunakan metode ceramah. Kata kunci: guru, model pengajaran, kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:21
Last Modified: 21 Jul 2023 01:21
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3264

Actions (login required)

View Item View Item