MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) PADA SISWA KELAS II SD NEGERI TOPO 3 TIDORE KEPULAUAN

DIASAMO, AFRIYANI (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) PADA SISWA KELAS II SD NEGERI TOPO 3 TIDORE KEPULAUAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (192kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (248kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (251kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dalah (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep pecahan melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)pada siswa kelas II SD Negeri Topo 3 Tidore Kepulauan. (2) Untuk mengetahui proses penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas II SD Negeri Topo 3 Tidore Kepulauan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 tahapan yaitu (1)Perencanaan,(2)Pelaksanaan dan observasi(3) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Topo Tiga Kota Tidore Kepulauan pada siswa kelas II yang berjumlah 9 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 3 atau 33,33% siswa yang mencapai nilai KKM dan 6 atau 66,66% yang belum mencapai nilai KKM hal ini menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa kelas II SD Negeri Topo Tiga Kota Tidore Kepulauan pada materi pembelajaran konsep pecahan dinyatakan belum berhasil. Oleh karena itu tindakan ini dilanjutkan pada siklus II.Dengan adanya perbaikan pada siklus II diperoleh 7 atau 77,77% siswa yang mencapai nilai KKM dan 2 atau 22,22% yang belum mencapai nilai KKM, dari perbaikan yang dilakukan dari siklus I dan dilanjutkan ke siklus II peningkatannya adalah 60,55%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas II SD Negeri Topo Tiga Kota Tidore Kepulauan pada materi pembelajaran konsep pecahan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dan hasil belajar siswa,.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 24 Jul 2023 00:17
Last Modified: 24 Jul 2023 00:17
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3270

Actions (login required)

View Item View Item