EVALUASI KINERJA JALAN TERHADAP PENGARUH HAMBATAN SAMPING (STUDI KASUS: Jalan Stadion – Seruni)

MUTMAINAH, SITI and UNSPECIFIED (2022) EVALUASI KINERJA JALAN TERHADAP PENGARUH HAMBATAN SAMPING (STUDI KASUS: Jalan Stadion – Seruni). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (138kB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf] Text
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (146kB)
[thumbnail of 5 BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
5 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 10 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB)

Abstract

Fenomena yang terjadi pada ruas jalan Stadion - Seruni merupakan kejadian arus lalu lintas yang sering terjadi kemacetan pada jam-jam sibuk karena banyak kendaraan yang sering parkir liar pada badan jalan yang mengakibatkan kemacetan yang tidak terkontrol, diruas jalan Stadion - Seruni adalah jalan yang memiliki 2 lajur dan 2 jalur yang berada pada lokasi perkantoran dan beberapa toko pada samping jalan dan perumahan warga dikota Ternate. Faktanya daerah jalan ini cukup padat dengan parkir liar pada badan jalan yang mengakibtakan penyempitan lajur jalan dan banyaknya kendaraan keluar-masuk pada area pertigaan yang sering mengakibatkan kemacetan yang berdampak, Selain itu ditambah jumlah pejalan kaki yang berjalan atau menyebrang sepanjang segmen jalan, dan jumlah kendaraan bermotor yang masuk keluar ke/dari lahan samping jalan serta arus kendaraan yang bergerak lambat seperti sepeda dll. Jenis metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode survey lapangan yang bertujuan untuk mengetahui besaran volume lalu lintas, hambatan samping, dan tingkat pelayanan pada jalan stadion-Seruni. Penelitian ini dianalisis sesuai dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan volume hambatan samping yang terbesar terjadi pada ruas jalan seruni di pos mesjid untuk perhitungan arah Barat - Timur terjadi pada hari senin, 7 Maret 2022. Jam (17.00 – 18. 00) dengan nilai PED = 87 SF/Jam, PSV = 144 SF/Jam, EEV = 252,7 SF/Jam, SMV = 0,4 SF/Jam Total frekuensi = 483,1 bobot kejadian. Untuk perhitungan arah Timur - Barat terjadi pada Hari Senin, 7 Maret 2022. Jam (17.00 – 18. 00) dengan nilai PED = 79 SF/Jam, PSV = 169 SF/Jam, EEV = 239,4 SF/Jam, SMV = 0,8 SF/Jam Total frekuensi = 488,2 bobot kejadian maka Jadi total hambatan samping maksimum terjadi pada pos mesjid yaitu 483,1 + 488,2 = 971,3. Bobot kejadian hambatan samping adalah sangat tinggi (VH). Tingkat pelayanan jalan pada lokasi penelitian dalam zona arus stabil, hanya saja setiap pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan yang diinginkan, terutama pada kendaraan roda 4. Volume pelayanan berkaitan dengan kapasitas yang dapat ditolerir. Tingkat pelayanan yang terjadi pada ruas jalan stadion - seruni dari setiap lokasi penelitian diambil data yang terbesar yaitu sebesar 0,42 (B) yang terjadi pada pos kantor lurah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Fakultas > Teknik sipil
Fakultas > Teknik sipil
Fakultas > Teknik sipil
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:33
Last Modified: 24 Nov 2023 01:33
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3696

Actions (login required)

View Item View Item