EVALUASI KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DI KAMPUS I AKEHUDA UNIVERSITAS KHAIRUN KOTA TERNATE

Abdullah, Wulansari S and -----------------------------3169925972153517627211693053� Conte (2022) EVALUASI KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DI KAMPUS I AKEHUDA UNIVERSITAS KHAIRUN KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of [1]COVER SKRIPSI.pdf] Text
[1]COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (252kB)
[thumbnail of [6]INTISARI DAN ABSTRACK.pdf] Text
[6]INTISARI DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (281kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (534kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (279kB)

Abstract

Permasalahan parkir bisa terjadi di berbagai kawasan, termasuk di area kampus. Tingginya angka mahasiswa pengguna kendaraan memberikan persoalan tersendiri dalam mengatur dan menyediakan lahan parkiran di wilayah kampus. Hal tersebut menyebabkan terjadinya dampak lanjutan yang mungkin terjadi, seperti ketidaknyamanan mahasiswa ketika memarkirkan kendaraan, memarkirkan kendaraan di luar area parkiran, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kebutuhan ruang parkir yang ada di kampus I Akehuda Universitas Khairun Kota Ternate. Dalam mengevaluasi kondisi parkir, perlu dilakukan studi literatur mengenai parkir, survey pendahuluan untuk mengetahui kondisi eksisting parkir kendaraan yang terjadi di lokasi studi, pengumpulan data primer dan data sekunder, dan kemudian dilanjutkan melakukan perhitungan berdasarkan data yang didapat untuk mendapatkan karakteristik parkir. Dari hasil perhitungan karakteristik parkir, volume parkir tertinggi untuk kendaraan roda dua terdapat pada parkiran 5 dengan jumlah kendaraan sebanyak 85, sedangkan untuk kendaraan roda empat terdapat pada parkiran 4 dengan jumlah kendaraan sebanyak 18. Durasi parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat yaitu berkisar di jangka waktu 0-1 jam sehingga termasuk jangka pendek kurang dari 2 jam. Indeks parkir tertinggi terdapat pada parkiran 1 yaitu sebesar 29,5%, sedangkan kendaraan roda empat terdapat pada parkiran 4 yaitu sebesar 240%. Turn over tertinggi untuk kendaraan roda dua terdapat pada parkiran 1 yaitu sebesar 1,098 kendaraan/petak, sedangkan untuk kendaraan roda empat terdapat pada parkiran 4 sebesar 2,200 kendaraan/petak. Akumulasi maksimum untuk kendaraan roda dua terdapat pada parkiran 5 sebanyak 85 kendaraan, sedangkan untuk kendaraan roda empat terdapat pada parkiran 2 sebanyak 3 kendaraan. Ditinjau dari karakteristik parkir, Dari hasil analisa perhitungan KRP (Kebutuhan Ruang Parkir) pada parkiran 4 dan parkiran 5 untuk kendaraan roda empat tidak memenuhi, maka dibutuhkan adanya penambahan lahan parkir sebesar 184 m2 untuk parkiran 4 dan 115 m2 untuk parkiran 5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Fakultas > Teknik sipil
Fakultas > Teknik sipil
Fakultas > Teknik sipil
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 27 Nov 2023 23:11
Last Modified: 27 Nov 2023 23:11
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3703

Actions (login required)

View Item View Item