PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA TERNATE PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

JAMAL, SRI SANTI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA TERNATE PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (51kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (66kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Collaborative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate Tahun Ajaran 2018/2019 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan tekhnik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan instrumen non tes berupa lembar observasi untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial menggunakan SPSS versi 22.0. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Zhitung pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor adalah -2,654, -2,601, dan -3,022 lebih kecil dari Ztabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Besar pengaruh model pembelajaran Collaborative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa dilihat dari nilai gain pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor adalah 0,1 (kategori rendah), 0,3 (kategori sedang) dan 0,2 (kategori rendah). Kata kunci: Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving, Hasil Belajar Siswa, Larutan Penyangga, Statistik Deskriptif dan Inferensial, SPSS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Feb 2025 01:45
Last Modified: 18 Feb 2025 01:45
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4419

Actions (login required)

View Item View Item