TAPAIN, SITINUR AJIJAH (2024) EXPLORING TEACHERS’ USE OF COLLABORATIVE LEARNING AT SMP NEGERI 45 HALMAHERA SELATAN. Masters thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER SKRIPIS SITINUR AJIJAH TAPAIN.pdf - Published Version Download (196kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (158kB) |
![]() |
Text
F. CHAPTER 1.pdf - Published Version Download (164kB) |
![]() |
Text
K. REFERENCE.pdf - Published Version Download (220kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengeksplorasi penggunaan pembelajaran kolaboratif tipe (STAD) oleh guru di SMP Negeri 45 Halmahera Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang eksplorasi guru pada pembelajaran kolaboratif dan mengunakan observasi checklist untuk mengumpulkan data. Melibatkan 31 siswa dikelas IX peneliti menemukan bahwa siswa aktif selama pembelajaran kolaboratif dikelas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa peran guru dalam pembelajaran kolaboratif tipe (STAD) didalam kelas sudah dilakukan dengan baik, yakni membimbing siswa dalam belajar mengajar. Tetapi, guru melewatkan satu langkah-langkah pembelajaran (STAD). Kesimpulannya pembelajaran kolaboratif tipe (STAD) yang diterapkan oleh guru di SMP Negeri 45 Halmahera Selatan berhasil meningkatkan kemampuan belajar siswa. Kata Kunci : mengksplorasi guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QB Bahasa Inggris Q Science > QB Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 05:40 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 05:40 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4782 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |