PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Suleman, Pratiwi R. (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of 1. Cover Skripsi_Pratiwi.pdf] Text
1. Cover Skripsi_Pratiwi.pdf - Published Version

Download (120kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB)
[thumbnail of 6. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf] Text
6. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (203kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Ternate pada materi sistem pencernaan manusia. Jenis penelitian yang digunakan yakni eksperimen semu (Quasi Eksperiment design) menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pretes-Postest Control Group Design. Sampel penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII-A sebagai kelas kontrol sebanyak 20 peserta didik dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 peserta didik. Hasil belajar pretest dan posttest kelas PBL dan kelas konvensional diperoleh nilai rata-rata pretest kelas PBL sebesar 39,75 dan nilai rata-rata posttest peserta didik sebesar 85,45 sedangkan pada kelas konvensional memperoleh nilai pretest sebesar 49,20 dan nilai posttest yaitu 76,60. Data tersebut membuktikan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning mengalami peningkatan dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Kemudian pada hasil uji hipotesis menggunakan ANACOVA diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 nilai ini menunjukkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak yang berarti ada pengaruh perlakuan yang signifikan (nyata) terhadap penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode konvensional untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Ternate pada materi sistem pencernaan manusia. Kata Kunci : Hasil belajar, Problem Based Learning (PBL), Sistem Pencernaan Manusia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 30 Apr 2025 05:48
Last Modified: 30 Apr 2025 05:48
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4828

Actions (login required)

View Item View Item