MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE DALAM PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL

Darmo, Resi (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE DALAM PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (246kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (363kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (288kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (393kB)

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin moderen terutama pada era globalisasi seperti sekarang ini menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Biologi merupakan bagian dari ilmu sains, yang terdiri dari produk dan proses. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Di SMP Negeri 4 kota Ternate dalam penerapan model Discovery Learning dengan materi struktur dan fungsi sel. Metode penelitian yang digunakan merupakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdapat empat tahap yang dilalui yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Ternate pada materi struktur dan fungsi sel. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 60% dan dikategorikan baik sedangkan pada siklus II yaitu meningkat menjadi 90% dan dikategorikan sangat baik. Hasil observasi aktivitas guru siklus I yaitu 63%, dan dikategorikam baik sedangkan pada siklus II yaitu meningkat menjadi 96% dan dikategorikan sangat baik. Hasil belajar siswa dengan mengunakan model Discoveri Learning pada siklus I sebanyak 27 orang siswa yang belum tuntas atau sebanyak 79% yang belum mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II sudah mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 30 orang siswa yang tuntas atau sebanyak 88% siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Discoveri Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 30 Apr 2025 06:29
Last Modified: 30 Apr 2025 06:29
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4853

Actions (login required)

View Item View Item