R. Ishak, Siti Nur Rhabiya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Download (14kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (89kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (172kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (175kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate pada materi sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian yang digunakan yakni eksperimen semu (Quasi Eksperiment design) menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pretes-Postest Control Group Design. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol sebanyak 19 siswa dan kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 siswa. Hasil analisis menunjukkan uji statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata pretes hasil berpikir kritis kelas discovery learning adalah 46,90 dengan kategori rendah dan nilai rata-rata posttes siswa adalah 77,30 dengan kategori tinggi. Pada kelas konvensional memperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 29,26 dengan kategori sangat rendah dan nilai rata-rata posttes yaitu 68,32. nilai rata-rata pretes hasil belajar kelas discovery learning adalah 48,50 dan nilai rata-rata posttes siswa adalah 84,50 sedangkan pada kelas konvensional memperoleh nilai pretes sebesar 47,89 dan nilai posttes yaitu 71,58. Hal tersebut membuktikan bahwa model discovery learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis menggunakan ANACOVA memperoleh 1) nilai Signifikan sebesar 0,000 atau kurang dari < 0,05. Nilai ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh dari pemberian perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate pada materi sistem ekskresi manusia. 2) Hasil uji hipotesis menggunakan ANACOVA memperoleh nilai Signifikan sebesar 0,000 atau kurang dari < 0,05. Nilai ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh dari pemberian perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate pada materi sistem ekskresi manusia. Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, Sistem Ekskresi Manusia
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QR Biologi Q Science > QR Biologi |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Biologi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 05 May 2025 01:26 |
Last Modified: | 05 May 2025 01:26 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |