PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs ALBADARIYAH KUPAL PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI

Anwar, Fadila (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs ALBADARIYAH KUPAL PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (16kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Albadariyah Kupal pada konsep usaha dan energi. 2) Besar penerapan hasil belajar siswa kelas VII MTs Albadariyah Kupal dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada konsep usaha dan energi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penerapan PTK dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang terdapat di dalam kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas VII MTs Albadariyah Kupal. Hasil yang diperoleh dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dengan hasil belajar fisika menerapkan model pembelajaran discovery learning pada konsep usaha dan energi pada siklus yaitu 6 siswa yang tuntas belajar atau 40% dan meningkat pada siklus II yaitu sebanyak 11 siswa atau 73% tuntas belajar dengan jumlah siswa 15 orang. Terdapat peningkatan pada aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 37,78% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,89%. pada PBM aktivitas guru terdapat peningkatan dari siklus I yaitu 34,09% sedangkan pada siklus II yaitu 79,55%. Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar, Usaha Dan Energi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 05 May 2025 01:28
Last Modified: 05 May 2025 01:28
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4894

Actions (login required)

View Item View Item