PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 KOTA TERNATE PADA KONSEP GERAK LURUS

Umamit, Julasty (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 KOTA TERNATE PADA KONSEP GERAK LURUS. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (127kB)
[thumbnail of 2. ARTIKEL.pdf] Text
2. ARTIKEL.pdf - Published Version

Download (470kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (107kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada konsep gerak lurus. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrument tes untuk memperoleh data. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. hasil analisis pada kelas eksperimen menunjukan n-gain hasil belajar kognitif sebesar 51,13 sedangkan kelas kontrol sebesar 30,61. Uji normalitas dan homogenitas menunjukan data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunkan uji t. hasil uji t nilai n-gain menunjukan t hitung > t tabel atau (3,051 > 2,030) maka dapat disimpulkan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kata kunci : Hasil Belajar siswa, Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 05 May 2025 03:35
Last Modified: 05 May 2025 03:35
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4901

Actions (login required)

View Item View Item