Haji, Nurani (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (90kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (90kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (176kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (161kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis problem based learning pada pembelajaran fisika materi getaran dan gelombang yang valid dan praktis, mengetahui kelayakan produk bahan ajar yang berbasis problem based learning menurut ahli, pada pembelajaran fisika materi getaran dan gelombang. Dan mengetahui tanggapan guru terhadap bahan ajar berbasis problem based learning pada materi getaran dan gelombang untuk siswa kelas VIII IPA SMP Negeri 5 Kota Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan ADDIE yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Uji coba produk terdiri atas validasi oleh ahli materi, ahli media, ahli Bahasa dan 2 guru fisika SMP Negeri 5 Kota Ternate. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi ahli dan lembar respon guru. Penelitian ini mengahasilkan produk berupa bahan ajar berbasis problem based learning pada materi getaran dan gelombang yang berbentuk buku cetak. Memenuhi kriteria kelayakan sebagai salah satu sumber belajar yang baik. Hal ini sesuai dengan penilaian dari tiga ahli yakni ahli materi, media, Bahasa dan dua guru fisika. Presentasi rata-rata untuk ahli materi pada aspek kelayakan isi 82% termasuk dalam kategori sangat layak, aspek keabsahan 83% kategori sangat layak, aspek penyajian 85% kategori sangat layak, aspek kegrafikan 81% kategori sangat layak dan aspek bahan ajar dengan menerapkan model problem based learning 82% kategori sangat layak. Presentasi rata-rata untuk ahli media pada aspek ukuran bahan ajar 83% kategori sangat layak, aspek desain sampul bahan ajar 83% kategori sangat layak, dan aspek desain isi bahan ajar 66% kategori layak. Presentasi rata-rata untuk ahli Bahasa pada aspek komponen kompetensi yang ada pada bahan ajar 83% kategori sangat layak, aspek kesesuain dengan kaidah Bahasa Indonesia yang benar 85% kategori sangat layak, aspek penggunaan Bahasa yang komunikatif 80% kategori layak, aspek kemampuan motifasi peserta didik untuk merespon pembelajaran 81% kategori sangat layak, aspek menumbuhkan rasa ingin tahu 80% kategori layak, aspek pengembangan dan penyajian hasil produk 82% kategori sangat layak dan aspek evaluasi 84% kategori sangat layak. Penilaian dari dua guru fisika. Presentasi ratarata pada kriteria kecocokan dengan KD 95% kategori sangat baik, pembaharuan materi 100% kategori sangat baik dan kualitas bahan ajar 45% kategori kurang baik perlu direvisi. Dengan demikian bahan ajar berbasis problem based learning pada materi getaran dan gelombang layak digunakan. Kata Kunci: Bahan Ajar, Problem Based Learning, Getaran Dan Gelombang
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Fisika Q Science > QC Fisika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 05 May 2025 05:48 |
Last Modified: | 05 May 2025 05:48 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |