PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 HALMAHERA SELATAN PADA KONSEP TEKANAN ZAT

Sahir, Ulandari (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 HALMAHERA SELATAN PADA KONSEP TEKANAN ZAT. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (112kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (161kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (160kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1); Untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran berbasis masalah. 2); mengetahui hasil belajar siswa setelah melaksanakan model pembelajaran berbasis masalah Berdasarkan tujuan dalam penelitian eksperimen Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Nonequivalent pretest and posttest kontrol- group design. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara diundi. Pada dua kelompok tersebut sama-sama dilakukan pre-test dan post- test. Subjek penelitian ini adalah 41 siswa yang dimana 21 siswa dari kelas eksperimen dan 20 siswa dari kelas kontrol. Tekhnik penggumpulan data menggunakan lembar penelitian berupa dan soal pre-test, post-test kelas Ekperien , (N-Gain 0,57) dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol N-gain 0,54) dengan kategori sedang; Besar peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masala pada konsep tekanan zat. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Tekanan Zat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 05 May 2025 06:14
Last Modified: 05 May 2025 06:14
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4926

Actions (login required)

View Item View Item