IPA, NURMIRANTI (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI PECAHAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (46kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (33kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (155kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (154kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kemampuan konsep matematis siswa yang memperoleh pelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Trifengger pada materi pecahan (2) Mengetahui hasil peningkatan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui aplikasi metode pembelajaran Treffingger pada materi pokok pecahan, (3) Mengetahui apakah siswa memberikan sikap positif terhadap model pembelajaran Treffingger pada pembelajaran matematis atau tampa model pembelajaran. Penelitian ini telah dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate yang pelaksanaan penelitian pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Frekuensi penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest design sampel yang di jadikan dalam penelitian ini yakni siswa Kelas VII-A SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate Tahun Ajaran 2017/2018, dengan populasi total sampel pada Kelas VII-A sebanyak 22 siswa yang terbagi dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis N-Gain dan analisis uji hipoesis menggunakan IBM SPSS Statistics versi 22. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kelas VII-A SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate pada materi pecahan berdasarkan indikator pemecahan setelah penerapan model Treffinger pada indikator (1) memahami masalah 59,09 %, (2) membuat rancangan pemecahan 45,45 % dan indikator (3) melakukan rancangan pemecahan 68,18 % yang di kualifikasikan sedang. Terdapat peningkatan kemampuan konsep pemecahan masalah matematis siswa Kelas VII-A SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate pada materi pecahan sub pokok bahasan bilangan pecahan setelah penerapan model pembelajaran Treffinger Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kelas VII-A SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate setelah penerapan model pembelajaran Treffenger pada materi pecahan sub pokok bahasan bilangan pecahan berdasarkan nilai uji N-Gain sebesar 0,42 yang di kategorikan kedalam sedang. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Belajar Treffinger dan Operasi Bilangan Pecahan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 01:20 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 01:20 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4966 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |