ABUBAKAR, RAHMITA (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASSED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (47kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (159kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (102kB) |
Abstract
Penelitian ini telah dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Ternate yang pelaksanaan penelitian pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest design sampel yang di jadikan dalam penelitian ini yakni siswa Kelas X-MIA SMA Negeri 2 Kota Ternate Ternate Tahun Ajaran 2019/2020, dengan populasi total sampel pada Kelas X-MIA-4 sebanyak 21 siswa yang terbagi dari 6 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis N-Gain dan analisis uji hipoesis menggunakan IBM SPSS Statistics versi 22. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Kelas X-MIA-4 SMA Negeri 2 Kota Ternate setelah penerapan model pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), memiliki rerata sebesar 75,40 %, sedangkan pemecahan berdasarkan indkator (1) Memahami masalah 76,19%, (2) Memikirkan suatu rencana 66,67% dan (3) Melaksanakan rencana 71,43%, dan (4) Memeriksa kembali 61,90 % dan umumnya berkategori sedang. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa Kelas X-MIA SMA Negeri 2 Kota Ternate setelah penerapan model pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), berdasarkan hasil perhitungan statistik N-Gain mencapai 0,53 yang di kualifikasikan kedalam peningkatan kemampuan pemecahan yang sedang. Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kelas X-MIA-4 SMA Negeri 2 Kota Ternate melalui model pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), dengan nilai uji t sebesar (2-Tailed) signifikan sebesar α = 0,000 ≤ α = 0,05. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Belajar Problem Based Learning dan Sistem Persamaan Linear Dua Varibel
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 01:37 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 01:37 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |