PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASSED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

ABUBAKAR, RAHMITA (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASSED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (47kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of BAB  I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (159kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Ternate yang pelaksanaan penelitian pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest design sampel yang di jadikan dalam penelitian ini yakni siswa Kelas X-MIA SMA Negeri 2 Kota Ternate Ternate Tahun Ajaran 2019/2020, dengan populasi total sampel pada Kelas X-MIA-4 sebanyak 21 siswa yang terbagi dari 6 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis N-Gain dan analisis uji hipoesis menggunakan IBM SPSS Statistics versi 22. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Kelas X-MIA-4 SMA Negeri 2 Kota Ternate setelah penerapan model pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), memiliki rerata sebesar 75,40 %, sedangkan pemecahan berdasarkan indkator (1) Memahami masalah 76,19%, (2) Memikirkan suatu rencana 66,67% dan (3) Melaksanakan rencana 71,43%, dan (4) Memeriksa kembali 61,90 % dan umumnya berkategori sedang. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa Kelas X-MIA SMA Negeri 2 Kota Ternate setelah penerapan model pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), berdasarkan hasil perhitungan statistik N-Gain mencapai 0,53 yang di kualifikasikan kedalam peningkatan kemampuan pemecahan yang sedang. Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kelas X-MIA-4 SMA Negeri 2 Kota Ternate melalui model pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), dengan nilai uji t sebesar (2-Tailed) signifikan sebesar α = 0,000 ≤ α = 0,05. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Belajar Problem Based Learning dan Sistem Persamaan Linear Dua Varibel

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:37
Last Modified: 12 Jun 2025 01:37
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4972

Actions (login required)

View Item View Item