Riskha Damayanti H M, Riskha (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI MENENTUKAN KEMIRINGAN PERSAMAAN GARIS LURUS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (55kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (36kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (246kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (65kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajarran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VIII-8 SMP N 2 Kota Ternate pada materi menentukan kemiringan persamaan garis lurus, 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkannya model pembelajarran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VIII-8 SMP N 2 Kota Ternate pada materi menentukan kemiringan persamaan garis lurus, dan 3) Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VIII SMP N 2 Kota Ternate pada materi menentukan kemiringan persamaan garis lurus. Desain penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini yaitu kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang siswa. Instrument pengumpulan data terdiri atas soal Pretest dan Posttest berbentuk soal uraian yang disusun berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Untuk mengetahui kemampuan kemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi menentukan kemiringan persamaan garis lurus yaitu data dianalisis dengan kriteria kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapaka model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi menentukan kemiringan persamaan garis lurus, data dianalisis dengan menggunakan kriteria N-Gain. Untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, data dianalisis dengan menggunakan Statistic Non-Parametik Wilcoxon. Hasil analisis data menunjukan bahwa : 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi menentukan kemiringan persamaan garis lurus secara keseluruhan terdiri atas kategori sangat cukup dan kurang. 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi menetukan kemiringan persamaan garis lurus secara keseluruhan terdiri atas interprestasi tinggi. 3) Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi menentukan kemiringan persamaan garis lurus secara klasikal terdiri atas interprestasi tinggi. Adapun peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembejaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi menentukan kemiringan persamaan garis lurus secara klasikal terinterprestasi tinggi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:09 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 02:09 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |