PENGEMBANGAN MODUL E-BOOK MATERI GELOMBANG PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAM

LETTE, EFANDY (2024) PENGEMBANGAN MODUL E-BOOK MATERI GELOMBANG PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAM. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (204kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (199kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (297kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pengembangan modul e-book pada pembelajaran Gelombang di kelas VIII SMP Negeri 2 kota ternate. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan Education Research and Development (R & D) Borg & Gall, (2003) yang merupakan suatu kajian sistematis dimulai dari merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi intervensi pendidikan sebagai solusi untuk menyelesaikan masalah yang kompleks dalam pratik pendidikan dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang karakteristik dari intervensiintervensi tersebut serta proses perancangan dan pengembangan (Nieveen, 2007). Prosedur atau tahapan penelitian pengembangan Modul e-book dalam penelitian ini diadaptasi dari 10 tahapan model pengembangan Borg dan Gall menjadi 3 tahapan pengembangan penelitian (Balulu, 2017 dan Takda, 2019). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan teknik dekumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1); Bahan ajar fisika berbasis modul e-book dengan kearifan local untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 kota ternate yang di hasilkan /dikembangkan berbentuk buku cetak dengan kriteria berupa halaman sampul buku,petunjuk buku,peta konsep,sampul bab yang terdiri dari kompetensi dasar dan indicator dan pembelajaran,materi gelombang,contoh soal dan daftar pustaka. 2); Hasil perhitungan persentase oleh ahli materi diperolah rerata dari hasil validator desain buku guru sebesar 81,63%, Format buku siswa validator sebesar 84,08% Format buku siswa validator sebesar 90,08% kebebasaan buku siswa diperoleh rerata validator sebesar 85,71% Penyajian buku siswa di peroleh rerata validator sebesar 92,86% menunjang informasi dan peningkatan kbm peroleh rerata validator sebesar 90,29% kategori sangat layak. Kata Kunci: Pengembangan Modul e-book, Materi Gelombang, Pembelajaran Fisika, Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 16 Sep 2025 02:38
Last Modified: 16 Sep 2025 02:38
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5155

Actions (login required)

View Item View Item