ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS IX MTS AL-KHAIRAT TERNATE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR (KUBUS)

WAHAB, AMALIA MARHANI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS IX MTS AL-KHAIRAT TERNATE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR (KUBUS). Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (213kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (408kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (328kB)

Abstract

Amalia Marhani Wahab. 2024. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas IX MTs Al-Khairat Ternate Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus) Tahun Ajaran 2024/2025. Dibawah Bimbingan Bapak Dr.Soleman Saidi S.Pd., M.Si dan Bapak Dr. Karman La Nani S.Pd., M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi datar (kubus). Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrument tes yang digunakan berupa soal uraian dengan 1 butir soal yang telah divalidasi. Teknik analisis data penelitian ini merupakan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-B MTs Al-Khairat Ternaten berjumlah 30 siswa. Meganalisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan indikator. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat bahwa 4 siswa kategori sangat baik memenuhi seluruh indikator berpikir kritis matematis, yaitu: interpretasi, analisis, evaluasi dan kesimpulan, 6 siswa kategori baik memenuhi indikator berpikir kritis matematis, yaitu: interpretasi, analisis dan evaluasi, 10 siswa kategori cukup memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematis, yaitu: analisis dan evaluasi, 7 siswa kategori kurang memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematis, yaitu: interpretasi dan analisis dan 3 siswa kategori sangat kurang belum memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematis Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa, Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 01:13
Last Modified: 17 Sep 2025 01:13
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item View Item