PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT

YANTI, DEWI (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. Cover.pdf] Text
A. Cover.pdf - Published Version

Download (106kB)
[thumbnail of D. Abstrak Indonesia dan  Inggris.pdf] Text
D. Abstrak Indonesia dan Inggris.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (172kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (83kB)

Abstract

Dewi Yanti. 2024. Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Negeri 7 Kota Ternate Pada Materi Persamaan Kuadrat Melalui Penerapan Model Problem Bases Learning (PBL) (suatu penelitian pada siswa kelas IX-C SMP Negeri 7 Kota Ternate Tahun Ajaran 2024/2025). Penelitian di bawah bimbingan Dr. H. In Hi Abdullah, S.Pd., M.Si, dan Bapak Dr. Joko Suratno, S.Pd., M.Pd. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IX-C SMP Negeri 7 Kota Ternate pada materi persamaan kuadrat yang diterapkan model PBL, 2) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IX-C SMP Negeri 7 Kota Ternate pada materi persamaan kuadrat antara yang diterapkan model PBL, 3) perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan pemahamn matematis siswa kelas IX-C SMP Negeri 7 Kota Ternate yang diterapkan model PBL. Penelitian ini menggunakan jenis One Group Design dengan satu kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX-C SMP Negeri 7 Kota Ternate berjumlah 31 siswa, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal uraian sebanyak 3 nomor, dan observasi wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif untuk menjelaskan gambaran kemampuan pemahaman matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Analisis inferensial untuk menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian. Hasil penelitian diperoleh : 1) Kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IX-C SMP Negeri 7 Kota Ternate pada materi persamaan kuadrat yang diterapkan model PBL. 2) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IX-C SMP Negeri 7 Kota Ternate yang diterapkan model PBL. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IX-C SMP Negeri 7 KotaTernate yang diterapkan model PBL. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa, Model Problem Based learning, Materi Persamaan Kuadrat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 01:27
Last Modified: 17 Sep 2025 01:27
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5193

Actions (login required)

View Item View Item