SELPIA, NUR APRILYA S. (2024) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (188kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (290kB) |
![]() |
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (500kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (305kB) |
Abstract
Nur Aprilya S. Selpia, 2024. Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi pola Bilangan di bawah bimbingan Ibu Dr. Marwia Tamrin Bakar, S.Pd., M.Pd dan Bapak Ahmad afandi, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa pada materi pola bilangan. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Ternate. Kemudian dipilih 1 siswa sebagai perwakilan subjek penelitian berdasarkan kategori kemampuan numerasi (tinggi, sedang dan rendah) untuk dianalisis dan diwawancarai sebagai bentuk triangulasi. Teknik pengumpulan data kemampuan numerasi siswa menggunakan teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan tiga indikator dari kemampuan numerasi. Teknik analisis data yang digunakan dari empat tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tes kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pola bilangan secara keseluruhan menunjukkan bahwa, kemampuan numersi siswa untuk kategori “tinggi” sebanyak 3 siswa atau sebesar 15%, kategori “sedang” sebanyak 5 siswa atau 25%. Dan kategori “rendah” sebanyak 12 siswa atau 60%. Siswa dengan kategori tinggi memiliki kemampuan numerasi yang sangant baik dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pola bilangan, siswa dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan numerasi. Siswa dengan kategori sedang memiliki kemampuan numerasi cukup baik dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pola bilangan, siswa hanya mampu memenuhi kedua indikator kemampuan numerasi yaitu indikator pertama dan indikator ketiga. Selanjutnya siswa dengan kategori rendah memiliki numerasi yang kurang baik dalam menyelesaikan masalah matematika pada matei pola bilangan, siswahanya hanya dapat memenuhi satu dari tiga indikator numerasi. kata Kunci: Kemampuan Numerasi, Menyelesaikan Masalah Matematika, Pola Bilangan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Matematika Q Science > QA Matematika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:21 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:21 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5210 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |