MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI MENGENAL LAMBANG BILANGAN SISWA KELAS I SD NEGERI 47 KOTA TERNATE

HANAFI, ERNAWATI (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI MENGENAL LAMBANG BILANGAN SISWA KELAS I SD NEGERI 47 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (109kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (215kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB)

Abstract

Ernawati Hanafi, 2024. Meningkatkan Kemampuan Numerasi Matematis Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Mengenal Lambang Bilangan Siswa Kelas I SD Negeri 47 Kota Ternate. Dibimbing oleh: Bapak Dr. Wahid Umar, S.Pd., M,Pd selaku pembimbing I dan Ibu Dwi Widyastuti Nurhayanto, S.Pd., M,Pd selaku pembimbing II. Penelitian yang termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan PTK, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan numerasi matematis menggunakan pendekatan matematika realistik pada materi mengenal lambang bilangan siswa kelas I SD Negeri 47 Kota Ternate. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang mencakup 2 kali pertemuan.subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 47 Kota Ternate yang berjumlah 21 siswa yang terdiri atas 8 siswa Laki-laki dan 13 siswa Perempuan.teknik pengumpulan data adalah hasil pretest dan postest, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk melihat peningkatan kemampua numerasi matematis siswa maka semua data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif menggunakan rumus N-Gain Termormalisasi (g). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa,melalui PMR (Pendekatan Matematika Realistik), terdapat peningkatan kemampuan numerasi pada tahap siklus I terdapat 5 siswa yang mencapai nilai KKM, dengan persentase 23,80 %, sementara 16 siswa lainnya dinyatakan belum tuntas atau belum mencapai nilai KKM dengan persentase 76,20% dengan nilai Rata-rata 51,19 sedangkan RataRata Presets pada siklus I 41,67. Selanjutnya meningkat pada nilai Postest yaitu 51,19 sedangkan nilai N-Gain berada pada angka 0,158 yang berada pada kategori kurang. hal ini pun terjadi pada aktivitas guru (61,39%) dan aktivitas siswa (53,39%). Kemudian pada siklus II kemampuan numerasi siswa mengalami peningkatan yakni dimana terdapat 20 siswa mencapai nilai KKM dengan persentase 95,24% dan 1 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan persentase 4.76%, dengan Rata-rata 85 sedangkan Pretest pada siklus II yaitu 47,38 kemudian meningkat pada Postest 85 dan nilai N-Gain berada pada angka 0,67 dengan kategori tinggi begitupun aktivitas guru meningkat menjadi (91,46%) dan aktivitas siswa meningkat menjadi (83,09%).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) ini dapat meningkatkan kemampuan numrasi matematis pada siswa kelas I SD Negeri 47 Kota Ternate. Kata Kunci: Kemampuan Numerasi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 06:13
Last Modified: 17 Sep 2025 06:13
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5252

Actions (login required)

View Item View Item