PENERAPAN MODEL PAKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PARIGI TALIABU TIMUR

SIBUYUNG, SRIPUJA (2024) PENERAPAN MODEL PAKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PARIGI TALIABU TIMUR. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (239kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (204kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model PAKEM dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN 1 Parigi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan selama bulan Januari - Februari 2024. Penelitian berlokasi di SDN 1 Parigi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model PAKEM, hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari ketuntasan klasikal siswa pada siklus I adalah sebesar 33,33% dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 75% meningkat menjadi 86,36% pada siklus II. Demikian juga aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,33% meningkat menjadi 93,05% pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 5 siswa. Pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa. Adapun hambatan yang ditemui dalam penelitian yaitu (1) kurangnya teks bacaan yang menarik bagi siswa, (2) siswa tidak percaya diri dan malu-malu presentasi, (3) siswa kesulitan untuk fokus dan berkonsentrasi ketika kelompok lain presentasi di depan kelas. Kata kunci : Model PAKEM, hasil belajar siswa, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 00:26
Last Modified: 18 Sep 2025 00:26
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5288

Actions (login required)

View Item View Item