SIBUYUNG, SRIPUJA (2024) PENERAPAN MODEL PAKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PARIGI TALIABU TIMUR. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (239kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (188kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (204kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (188kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model PAKEM dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN 1 Parigi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan selama bulan Januari - Februari 2024. Penelitian berlokasi di SDN 1 Parigi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model PAKEM, hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari ketuntasan klasikal siswa pada siklus I adalah sebesar 33,33% dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 75% meningkat menjadi 86,36% pada siklus II. Demikian juga aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,33% meningkat menjadi 93,05% pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 5 siswa. Pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa. Adapun hambatan yang ditemui dalam penelitian yaitu (1) kurangnya teks bacaan yang menarik bagi siswa, (2) siswa tidak percaya diri dan malu-malu presentasi, (3) siswa kesulitan untuk fokus dan berkonsentrasi ketika kelompok lain presentasi di depan kelas. Kata kunci : Model PAKEM, hasil belajar siswa, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 00:26 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 00:26 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |