PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MEDIA POWER POINT (PPT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 SUB TEMA 3 ENERGI ALTERNATIF DI KELAS III SD NEGERI 5 KOTA TERNATE

MINI, WITI LA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MEDIA POWER POINT (PPT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 SUB TEMA 3 ENERGI ALTERNATIF DI KELAS III SD NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (21kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (174kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media Power Point (PPT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Sub Tema 3 Energi Alternatif di Kelas III SD Negeri 5 Kota Ternate, dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media Power Point (PPT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 Sub tema 3 energi alternatif di kelas III SD Negeri 5 Kota Ternate. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 22 siswa dimana terdapat 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus yaitu menentukan ketuntasan hasil belajar siswa secara individual, untuk menentukan ketuntasan belajar klasikal, dan untuk menghitung persentase hasil belajar siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada siklus dimana siklus I di peroleh ketuntasan belajar dengan persentase 63,63% sebanyak 14 siswa, aktivitas guru 71,87% dan aktivitas siswa 65,62%. Kemudian pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa dengan persentase 90,90% sebanyak 20 siswa, aktivitas guru meningkat menjadi 93,75% dan aktivitas siswa 90,62%. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media Power Point (PPT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 5 Kota Ternate. Kata Kunci : Model Koopertaif Tipe NHT, media Power Point (PPT), Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 00:52
Last Modified: 18 Sep 2025 00:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5298

Actions (login required)

View Item View Item