PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAS AL-MUZAKARAH TONIKU PADA MATERI MINYAK BUMI

Tandra, Farhana Daeng (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAS AL-MUZAKARAH TONIKU PADA MATERI MINYAK BUMI. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (42kB)
[thumbnail of ABSTRAK INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf] Text
ABSTRAK INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf - Published Version

Download (10kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (312kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (307kB)

Abstract

Farhana Daeng Tandra, 2024. Penggunaan Model Pembelajaran Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di MAS Al-Muzakarah Toniku Pada Materi Minyak Bumi. Pembimbing Khusna Arif Rakhman dan Dira Ayu Annisa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh dan Keterlaksanaan dari Penggunaan Model Pembelajaran Proyek (Project-Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di MAS Al-Muzakarah Toniku Pada Materi Minyak Bumi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu One Group Pretest-Postest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAS Al-Muzakarah Toniku yang berjumlah 15 siswa yang terdiri hanya satu kelas. Teknik pengambilan sampel digunakan yang ialah sampling jenuh atau semua populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 item yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, dan lembar observasi untuk mengukur ranah afektif dan psikomotorik. Keterlaksanaan penggunaan dilihat dari hasil ranah afektif dengan rata-rata 72,5 tergolong cukup dan ranah psikomotorik dengan rata-rata 55,14 tergolong rendah serta angket dengan rata-rata sebesar 72,1 tergolong kategori baik. Pengaruh penggunaan model pembelajaran proyek dilihat dari hasil belajar siswa yang ditandai dengan hasil postest lebih besar dengan nilai rata-rata sebesar 23,66 dari pada rata-rata pretest sebesar 9,33 lebih kecil. Kata Kunci : Project-Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Minyak Bumi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QD Kimia
Q Science > QD Kimia
Divisions: Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Pendidikan Kimia
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 18 Sep 2025 01:46
Last Modified: 18 Sep 2025 01:46
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5309

Actions (login required)

View Item View Item