ANALISIS PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA DINI DI PAUD TELKOM TERNATE

AMIN, NURLAELA (2024) ANALISIS PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA DINI DI PAUD TELKOM TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER NURLAELA AMIN.pdf] Text
A. COVER NURLAELA AMIN.pdf - Published Version

Download (107kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis perkembangan kemampuan motorik kasar melalui metode bernyanyi pada anak usia dini di PAUD Telkom Kota Ternate. Metode penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan diskriptif, subjek dalam penelitian ini sebanyak 2 orang guru dan 15 anak di PAUD Telkom Kota Ternate. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis terdiri dari pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis perkembangan kemampuan motorik kasar melalui metode bernyanyi pada anak usia dini di PAUD Telkom Kota Ternate dengan 3 indikator yakni: Indikator 1) Melatih kelenturan dan koordinasi otot jari dan tangan; Dari 15 anak, 13 anak mampu mengembangkan motorik kasar pada aspek melatih kelenturan dan koordinasi otot jari dan tangan, 2 anak belum mampu. Dimana guru mengamati bahwa anak-anak yang aktif mempunyai gerakan yang lebih mudah saat bernyanyi dibandingkan dengan anak yang kurang aktif. Anak-anak yang belum aktif menunjukkan gerakan jari yang lebih lambat. Indikator 2) Membentuk dan memperkuat tubuh anak; Anak yang mampu membentuk dan memperkuat tubuh anak ada 15 orang dan semua anak mampu. Dimana anak-anak yang aktif sudah bisa mengikuti gerakan-gerakan tersebut. Di kelas B, anak di atas lima tahun sudah mampu mengubah gerakan dalam satu lagu. Dan Indikator 3) Melatih keterampilan gerak anak; dari 15 anak, 11 anak sudah mampu melatih keterampilan geraknya, 4 anak belum mampu. Dimana gerakan sederhana seperti memutar tangan dan bertepuk tangan, anak-anak yang fokus pada keterampilan gerak sudah bisa dalam mengikuti gerakan-gerakan lagu. Kata Kunci: Kemampuan Motorik Kasar, Metode Bernyanyi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 01:37
Last Modified: 18 Sep 2025 01:37
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5313

Actions (login required)

View Item View Item