PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 7 KOTA TIDORE KEPULAUAN PADA MATERI EKOSISTEM

UMAR, KARDILA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 7 KOTA TIDORE KEPULAUAN PADA MATERI EKOSISTEM. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (136kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (164kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB)

Abstract

Kardila Umar, 2024. Penerapan Model Pembelajaran STAD Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas X IPA 1 di SMA Negeri 7 Kota Tidore kepulauan pada Materi Ekosistem. Pembimbing Dr. Drs. Said Hasan, M.Pd dan Yusmar Yusuf, S.Pd Rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Tidore Kepulauan merupakan salah satu bukti bahwa pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi belum dilakukan secara maksimal, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar biologi di SMA Negeri 7 Kota Tidore Kepulauan ini dimungkinkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi Ekosistem. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Tikep. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan sebelum diberi`pembelajaran dengan menggunakan model STAD, namun tidak semua siswa. Peningkatan ini terlihat dari 40% siswa dinyatakan tuntas dan sebanyak 60% siswa yang dinyatakan belum tuntas. Hasil pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan yang lebih sangat baik dibandingakan pada siklus I. Hasil belajar siswa pada siklus II ini sebagai berikut: presentase dari tingkat ketuntasan pada siklus II adalah 85 % sedangkan siswa yang tidak tuntas dengan presentase 35 %. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Kata Kunci: Hasil belajar, Aktivitas siswa, STAD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 02:45
Last Modified: 18 Sep 2025 02:45
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5332

Actions (login required)

View Item View Item