ANALISIS PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR DI KELAS DALAM MENSTIMULUS PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD PEMBINA 7 KOTA TERNATE

Fauziah, Lana (2024) ANALISIS PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR DI KELAS DALAM MENSTIMULUS PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD PEMBINA 7 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (28kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (102kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB)

Abstract

Lana Fauziah, 2024. Analisis Pelaksanaan Bimbingan Belajar Di Kelas Dalam Menstimulus Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Pembina 7 Kota Ternate, Pembimbing: Dr. Rosita Wondal S.Pd.,M.Pd dan Winda Oktaviani S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan belajar di kelas dalam menstimulus perkembangan kognitif Pembina 7 Kota Ternate. Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif subjek dalam penelitian ini sebanyak 2 orang guru kelas di sekolah PAUD Pembina 7 dan 14 orang anak. Teknik pengumpulan data yang di lakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik anlisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang bimbingan belajar di kelas dalam menstimulus perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di Pembina 7 Kota Ternate, dapat disimpulkan bahwa:1).Bimbingan individu dengan nasehat langsung yaitu: Nasehat langsung dilakukan guru dengan cara seperti berbicara langsung dengan anak, duduk dengan anak secara (individu) untuk memberikan nasehat langsung kepada anak yang mengalami kesulitan belajar secara kognitif sehingga anak dapat mengenal huruf dan angka. Guru melaksanakan bimbingan individu kepada pribadi anak (individu) dengan memberikan kesempatan kepada anak yang kesulitan belajar untuk memilih kegiatan apa yang anak sukai, guru memberikan motivasi dan dukungan kepada anak yang mengalami kesulitan belajar agar anak tetap semangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan. 2).Bimbingan kelompok dengan kegiatan bersama yaitu: Pelaksanaan dalam bimbingan belajar ini dilakukan dengan kegiatan bersama dikelas dalam melakukan stimulus perkembangan kognitif bagi semua anak yang mengalami kesulitan belajar dengan cara menggunakan media atau alat peraga seperti puzzle huruf atau kartu angka sehingga kesulitan belajar dapat teratasi. Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Perkembangan Kognitif, Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: > Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:02
Last Modified: 19 Sep 2025 06:02
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5367

Actions (login required)

View Item View Item