ANALISIS KEGIATAN MOZAIK PADA KEMAMPUAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK 4-6 TAHUN DI SLB TKLB NEGERI TERNATE

S. AHMAD, MUTHMAINNAH (2024) ANALISIS KEGIATAN MOZAIK PADA KEMAMPUAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK 4-6 TAHUN DI SLB TKLB NEGERI TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER .pdf] Text
A. COVER .pdf - Published Version

Download (103kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS .pdf] Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS .pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (225kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB)

Abstract

MUTHMAINNAH S. AHMAD, (2024). Analisis Kegiatan Mozaik Pada Kemampuan Kecerdasan Visual Spasial Anak Di SLB TKLB Negeri Ternate, Pembimbing: Rita Samad, S.Pd., M.Pd dan Winda Oktaviani, S.Pd., M.Pd Pendidikan anak usia dini merupakan hal yang sangat fundamental, karena perkembangan anak di masa selanjutnya akan sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan mozaik pada kemampuan kecerdasan visual-spasial anak 4-6 di SLB TKLB Kota Ternate. Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, sebjek dalam penelitian sebanyak 14 orang anak 2 orang guru. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1), anak mengenal objek, dimulai dari pengenalan bentuk,ukuran,warna serta langkah-langkah yang akan dilakukan sehingga dapat melihat respon anak yang mampu mengenal objek dan anak yang belum mampu mengenal objek. Terdapat 7 dari 14 anak yang belum mampu mengenal objek. 2), anak mengelompokkan objek, dimulai dari anak akan dibimbing secera individu maupun kelompok sehingga guru akan melihat anak mana yang mampu mengelompokkan objek dan anak mana yang belum mampu mengelompokkan objek. Terdapat 7 anak dari 14 anak yang belum mampu mengelompokkan objek. 3), anak menyatukan objek, dimulai dari guru akan membimbing dan mengarahkan pada anak untuk manyatukan objek dimana guru harus mempunyai strategi sendiri sehingga dapat melihat anak yang mampu menyatukan objek dan anak yang belum mampu menyatukan objek. Terdapat 7 dari 14 anak yang belum mampu menyatukan objek. 4), anak memvisualisasikan Gambar, dimulai dari guru yang memberikan contoh gamar yang baik atau benar sehingga sangat bermanfaat dan mempermudah anak dalam mengenal gambar. Terdapat 14 anak yang belum mampu memvisualisasikan gambar. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Mozaik, Kecerdasan Visual Spasial

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: > Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:03
Last Modified: 19 Sep 2025 06:03
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5391

Actions (login required)

View Item View Item