ANALISIS METODE BERNYANYI DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI PAUD AKE GAALE MALAHA TERNATE UTARA

Adam, Sumiyanti (2024) ANALISIS METODE BERNYANYI DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI PAUD AKE GAALE MALAHA TERNATE UTARA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER .pdf] Text
A. COVER .pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK BAHASA INGGRIS DAN INDONESIA.pdf] Text
D. ABSTRAK BAHASA INGGRIS DAN INDONESIA.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of F. 1 BAB I.pdf] Text
F. 1 BAB I.pdf - Published Version

Download (165kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB)

Abstract

Sumiyanti Adam, 2024. Analisis Metode Bernyanyi Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini Kelompok B di PAUD Ake Gaale Malaha Ternate Utara. Pembimbing: Umikalsum Arfa S.Pd., M.Pd dan Winda Oktaviani S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis metode bernyanyi dalam membentuk karakter disiplin anak usia dini di PAUD Ake Gaale Malaha Ternate Utara. Metode penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif subyek dalam penelitian ini sebayak 2 orang guru dan 10 siswa di PAUD Ake Gaale Malaha Kota Ternate. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis saat terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis metode bernyanyi dalam membentuk karakter disiplin anak usia dini kelompok B di PAUD Ake Gaale Malaha Ternate Utara dengan 6 indikator yakni: indikator 1) hadir tepat waktu; Terhadap 10 anak terdapat 8 anak mampu mengembangkan karakter disiplin dalam aspek datang tepat waktu indikator 2) berbaris yang rapi sebelum masuk kelas; Terdapat 10 anak mampu berbaris yang rapi sesuai arahan guru indikator 3) menyimpan sepatu pada tempatnya; Terdapat 10 anak mampu menyimpan sepatu pada tempatnya sebelum masuk ke kelas 4) merapikan setelah dipakai; Terhadap 10 anak terdapat 8 anak yang mampu merapikan kembali barang atau mainan setelah dipakai 5) mencuci tangan sebelum dan sesudah makan; Terdapat 10 anak mampu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan 6) membuang sampah pada tempatnya; Terhadap 10 anak ada 9 anak yang mampu membuang sampah pada tempatnya. Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Karakter Disiplin, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: > Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:05
Last Modified: 19 Sep 2025 06:05
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5423

Actions (login required)

View Item View Item