PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATERI IDE POKOK SISWA KELAS V SD NEGERI 52 KOTA TERNATE

Paraswati, Elsa Indah (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATERI IDE POKOK SISWA KELAS V SD NEGERI 52 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER SKRIPSI.pdf] Text
A. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (18kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (12kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (157kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB)

Abstract

Elsa Indah Paraswati, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Materi Ide Pokok Siswa Kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate, Dibimbing oleh: Kodrat Hi. Karim, S.Pd.,M.Pd Selaku Pembimbing I dan Sukria Ahsan, S.Pd., M.Pd Selaku Pembimbing II. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Mengetahui proses penerapan dari model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan membaca pemahamn pada siswa kelas V SD Negeri 52 kota Ternate,(2) Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui penerapan model pembelajaran PBL pada siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Adapun tahapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu: (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan dan (3) Observasi dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 52 Kota Ternate pada semester genap 2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Observasi, 2) Tes dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data yang telah dikumpulkan akan di analisis secara klasikal maupun individu. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil tes siswa pada siklus I jumlah nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 49,23% dengan jumlah 13 siswa. Siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa atau (23,07%) dan yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa atau (76,92%). Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa atau 84,61% dan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa atau 15,38% dengan jumlah nilai rata-rata pada siklus II adalah 73,07%. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan yang awalnya pada siklus I adalah 48,21% menjadi 80,35% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate. Kata kunci: Model PBL (Problem Based LearningI), Kemampuan Membaca Pemahaman, Ide Pokok

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:02
Last Modified: 22 Sep 2025 05:02
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5445

Actions (login required)

View Item View Item