UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MENGGUNAKAN METODE PHONICS BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA DI KELAS II SD NEGERI 47 KOTA TERNATE

Sri Wahyuni Pelu, Endang (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MENGGUNAKAN METODE PHONICS BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA DI KELAS II SD NEGERI 47 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (129kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB)

Abstract

Endang Sri Wahyuni Pelu. 2024. Upaya Meningkatkan kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Phonics Berbantu Media Kartu Kata Di Kelas II SD Negeri 47 Kota Ternate. Pada tahun ajaran 2024 -2025 dibawah bimbingan Darmawati Hadi S.Pd., M.Pd dan Wawan Suprianto Nadra, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan mengetahui hasil penerapan metode pembelajaran phonics dalam kemampuan membaca permulaan siswa berbantuan media kartu kata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan,tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan perolehan kemampuan membaca, pada siklus I terdapat 7 siswa yang mencapai nilai KKM dengan presentase 43,75% dan 13 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan presentase 81,25%,aktivitas guru 69,64% dan aktivitas siswa 63,63%. Pada siklus II kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan dimana terdapat 15 siswa yang mencapai nilai KKM dengan presentase 93,75% dan 5 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan presentase 31,25%. Maka perselisihan antara siklus I dan siklus II yang tuntas pada kemampuan membaca siswa terdapat 50%. aktivitas guru 91,07% dan aktivitas siswa 81,81% dengan ini perselisihan antara aktivitas guru siklus I dan siklus II terdapat 21,43% dan aktivitas siswa siklus I dan siklus II terdapat perselisihan 18,18% dengan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Phonics berbantuan Media Kartu Kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 47 Kota Ternate membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa sehingga dapat dinyatakan berhasil Kata Kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Metode Phonics Kartu Kata

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:02
Last Modified: 22 Sep 2025 05:02
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5447

Actions (login required)

View Item View Item