PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 40 KOTA TERNATE PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA

Abdullah, Erni (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 40 KOTA TERNATE PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (105kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (99kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB)

Abstract

Erni Abdullah, 2024. Penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate pada tema 1 subtema 1 organ gerak hewan dan manusia. Bimbingan oleh Suhardi Abdullah, S.Pd, M.Hum, dan Asri Tamalene, S.Pd,M, Pd Tujuan penelitian ini diantaranya adalah : Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate tahun ajaran 2024 dengan jumlah siswa 15 siswa diantaranya 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan observasi, (3) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa,melalui model creative problem solving terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada tema 1 subtema 1 organ gerak hewan dan manusia peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 6 siswa yang mencapai nilai sesuai keberhasilan dan standar KKM yang di tentukan di sekolah, dengan presentase 40% , sementara 9 siswa lainya dinyatakan belum mencapai nilai sesuai indicator dan standar KKM sekolah dengan presentase 603%. Hal itupun terjadi terjadi pada aktivitas guru siklus I 72,5% dan aktivitas siswa 66,25%. Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yakni terdapat 13 siswa yang mencapai nilai dengan presentase 86,66% dan 2 orang siswa lainya belum mencapai nilai standar KKM dari sekolah dengan presentase 13,33% , begitupun juga dengan aktivitas guru meningkat menjadi 86,25% dan aktivitas siswa meningkat menjadi 87,5%. Dengan demikian , dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model creative problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate. Kata kunci : Hasil belajar siswa, model creative problem solving, organ gerak hewan dan manusia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:02
Last Modified: 22 Sep 2025 05:02
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5450

Actions (login required)

View Item View Item