IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BASED ON WRITING EKSPERIMENTAL REPORT (BW-ExPORT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SANANA PADA MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG

Muhammad, Febrianty (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BASED ON WRITING EKSPERIMENTAL REPORT (BW-ExPORT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SANANA PADA MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (94kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (258kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB)

Abstract

Febrianty Muhammad, 2023. Implementasi Model Pembelajaran Based On Writing Eksperimental Report (BW-ExPort) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Sanana Pada Materi Pokok Getaran dan Gelombang. Pembimbing Dr. Nasrun Balulu, S.Pd., M.Si dan Nurlaela Muhammad, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan : Mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model (Bw-ExPort), peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan model (Bw-ExPort), aktivitas belajar siswa selama penerapan model pembelajaran (Bw-ExPort), serta respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran (Bw-ExPort). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen dan desain penellitian yang digunakan adalah One-group prettes-posttest. Serta menggunakan variabel independen dan dependen. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes uraian. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata VIII-1 dan VIII-2 sebesar 0,050 dan 0,048, serta standar deviasi gabungan sebesar 0,16. Dan hasil analisis varians menunjukkan bahwa Fhit<Ftab atau 1,39 < 3,00. Maka hasil analisis variannya dapat disimpulkan homogen, dan uji-t diperoleh thitung < ttab atau 0,4 < 1,69 dengan Ha ditolak dan H0 diterima. Yang artinya tidak terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran (Bw-ExPort) di kelas VIII-1 dan VIII-2. Maka demikian dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Based On Writing eksperimental Report (Bw-ExPort) konsisten dalam penerapannya dikelas. Kata Kunci : model (Bw-ExPort), Keterampilan Berpikir Kritis, Getaran dan Gelombang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: > Pendidikan Fisika
> Pendidikan Fisika
> Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:02
Last Modified: 22 Sep 2025 05:02
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5454

Actions (login required)

View Item View Item