Fokatea, Fahril (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMA 6 SUBTEMA 2 HEBATNYA CITA-CITAKU DI SD NEGERI 50 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (98kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf - Published Version Download (97kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (316kB) |
![]() |
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (215kB) |
Abstract
Fahril Fokatea, 03301911061: Penerapan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. Dibimbing oleh: (1) Suhardi Abdullah, S.Pd., M.Hum dan Risna Srinawati S.Pd.I., M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) untuk mengetahui proses penerapan model Problem Solving agar dapat memberikan pehaman kepada siswa kelas IV SD Negeri 50 Kota Ternate pada tema 6 subtema 2 hebatnya cita-citaku. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 50 Kota Ternate melalui model Problem Solving pada tema 6 subtema 2 hebatnya cita-citaku. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, mengacu pada model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 50 Kota Ternate, yang berjumlah 24 orang siswa, diantaranya 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Prosedur pengumpulan data adalah hasil hitungan hasil observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, melalui model Problem Solving terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 2 hebatnya cita-citaku. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 11 siswa yang mencapai nilai sesuai keberhasilan dan standar KKM yang ditentukan oleh sekolah, dengan presentase 45,83%, sementara 13 siswa lainya dinyatakan belum mencapai nilai sesuai indikator dan standar KKM sekolah dengan presentase 54,17%. Hal itupun terjadi pada aktivitas guru 65,47% dan aktivitas siswa 60,71%. Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yakni terdapat 21 siswa yang mencapai nilai dengan presentase 87,5% dan 3 orang siswa lainnya belum mencapai nilai standar KKM dari sekolah dengan presentase 12,5%, begitupun juga dengan aktivitas guru meningkat menjadi 88,75% dan aktivitas siswa meningkat menjadi 90%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 50 Kota Ternate. Kata Kunci : Peningkatan, Problem Solving, Hebatnya Cita-citaku.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 05:02 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 05:02 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |